Rabu, 08 Januari 2014

Verticultur di Halaman Rumah

Hobby berkebun atau membudidayakan tanaman masih dapat dilakukan di halaman rumah. Hobby tersebut dapat menjadi bahan untuk dapur dan menyenangkan. Tanaman yang dipilih sebaiknya  berukuran kecil, sedangkan yang berukuran besar dapat ditempatkan di tempat yang sesuai. Teknik verticultur dapat digunakan untuk memaksimalkan ruang yang tersedia.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sistem verticultur antara lain adalah bambu, pot berukuran sedang, botol bekas air mineral, tanah atau kompos.
Persiapan membuat vertikultur cukup baik sebagai olah raga, potong bambu, menggali, lubang, dan menancapkan tiang pada tempatnya cukup baik untuk menguras keringat. Semai ditanam pada botol bekas air mineral, selanjutnya bibit dipindahkan ke pot yang telah disiapkan.
Sambil menunggu tanaman dapat dipetik (panen), pekerjaan yang harus dilakukan adalah menyiram tanaman secara teratur setiap hari. Penyiraman tanaman dapat diganti dengan membuat sistem irigasi buatan, tetapi warna hijau daun atau warna lain dari bunga pasti akan menyegarkan mata. Interaksi kita dengan tanaman tersebut dapat menjadi saluran pengalihan tekanan dari pekerjaan sehari-hari. Harapannya adalah agar pikiran kita menjadi tenang dan dapat mengoptimalkan daya pikir positif.
Saat panen tiba, (pada contoh daun petsay yang disajikan) kita memiliki dua pilihan, mencabut tanamannya ata memetik satu atau dua daun dari masing-masing tanaman. Untuk keluarga kecil saya, urusan sayur cukup ambil di taman eh kebun ....Ada yang tertarik ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar